yayasan sosial umi kulsum magelang
Yayasan Sosial Umi Kulsum Magelang
Jl. KH. Dalhar, Gataklamat. RT 01 / RW 01 Pucung Rejo, Muntilan, Magelang

KEGIATAN SENI DAN BUDAYA

Bupati Magelang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi membuka kegiatan Jambore Kebudayaan Forum Wilayah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) – Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Jawa Tengah Tahun 2023, di Balkondes Wringin Putih, Borobudur, Sabtu (28/10/2023).Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan, dalam menyiapkan generasi penerus bangsa, anak merupakan aset utama. Tumbuh kembang anak sejak dini adalah tanggung jawab keluarga, masyarakat dan negara.Namun demikian, dalam proses tumbuh kembang anak banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik biologis, psikis, sosial, ekonomi maupun kultural yang menyebabkan tidak terpenuhinya hak-hak anak.

“Perjalanan hidup seorang anak tidak selamanya berjalan dengan mulus. Beberapa anak dihadapkan pada pilihan yang sulit diantaranya, harus berpisah dari keluarga karena suatu alasan, menjadi yatim, piatu atau yatim-piatu bahkan mungkin menjadi anak terlantar,” kata Nanda.

Kemudian, lanjut Nanda, sarana utama yang dibutuhkan untuk mengembangkan kehidupan manusia tidak lain adalah pendidikan. Maka pendidikan menjadi sangatlah penting. Bahkan boleh dikatakan pendidikan merupakan kunci dari segala bentuk kemajuan hidup umat manusia sepanjang sejarah.

 

Untuk itu, upaya-upaya penanganan terhadap anak tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk pelayanan sosial, yang merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dengan tujuan untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan baik perorangan, kelompok maupun masyarakat sehingga tercapai kehidupan yang sejahtera.

 

“Perlu kami sampaikan bahwa, Jambore Kebudayaan Forum Wilayah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak – Panti Sosial Asuhan Anak dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Hak Anak khususnya Hak Partisipasi,” ungkap Nanda.

 

Oleh karena itu, melalui Jambore ini, Nanda berharap anak dapat lebih termotivasi untuk berkegiatan secara positif, lebih kreatif dan memiliki ide-ide serta pandangan yang bermanfaat bagi pembangunan daerah.

 

“Terakhir, kami juga berharap, melalui Jambore Kebudayaan Forum Wilayah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak – Panti Sosial Asuhan Anak semakin banyak anak-anak yang dapat menjadi pelopor untuk menolong teman sebaya, maupun anak-anak lainnya di Kabupaten Magelang sehingga dapat terlindungi dari berbagai kekerasan,” harap Nanda.

 

Panitia Jambore Kebudayaan Forum Wilayah LKSA – PSAA Jawa Tengah Tahun 2023, Baharuddin menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan Jambore LKSA Jawa Tengah ini adalah meningkatkan ketakwaan dan kecerdasan spritual, dan juga menambah ilmu pengetahuan, pengalaman dan pengawasan kebudayaan.

 

Peserta Jambore terdiri dari 18 LKSA baik di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dengan jumlah total peserta 823 peserta baik peserta maupun pendamping, yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 27-29 Oktober 2023.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Magelang yang telah mendukung penuh sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar,” ucap Baharuddin. (wulan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo Yayasan Sosial Umi Kulsum Magelang

Tanyakan apa saja tentang kami disini

Nama Lengkap

Alamat

Keperluan


Top